Berita > Seputar TKI
BP2MI Bentuk Satgas Pemberantasan Pengiriman Ilegal PMI, Sikat Sindikat
18 Aug 2020 05:50:48 WIB | Hani Tw | dibaca 422
Ket: BP2MI Bentuk Satgas Pemberantasan Pengiriman Ilegal PMI
Foto: Dokumen Kadir
Jakarta, LiputanBMI - Untuk memerangi sindikat pengiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI) secara ilegal, Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) hari ini (17/8) melaunching Satgas Pemberantasan Pengiriman ilegal PMI.

Kepala BP2MI Benny Rhamdani mengatakan, Satgas Pemberantasan Pengiriman ilegal PMI tersebut akan didorong menjadi bagian dari Gugus Tugas Nasional sehingga memiliki kewenangan yang kuat.

"Satgas ini akan melakukan pencegahan dan penanganan sindikat ilegal PMI land-based dan sea-based, dan beroperasi di daerah-daerah perbatasan, di kantong-kantong PMI, serta melakukan pencegahan dan penanganan di negara tujuan penempatan tertentu," ujar Benny.

Dilansir Detik Com (17/8), Benny mengatakan, satgas tersebut juga melibatkan kelompok-kelompok masyarakat sipil, kalangan ormas keagamaan, serta para akademisi untuk menguatkan efektivitas kerja dari satgas. Ia mengatakan jaringan tersebut akan terungkap apabila semua pihak bersinergi dan bekerja keras.

"Kita akan buktikan, kita bisa melakukannya. Negara tidak akan kalah dengan mereka, seberapa pun kuatnya mereka, sebesar apapun jaringan mereka, kita akan sikat tuntas," ujarnya.
(HNI/IYD, 18/08)
Universitas Terbuka Riyadh
-