Berita > Info Penting
Sambut Bulan Hantu, 10 Pantangan yang Wajib Anda Tahu
19 Aug 2020 07:58:43 WIB | Hani Tw | dibaca 3072
Ket: Festival Bulan Hantu dan 10 Pantangan yang Wajib Anda Tahu
Foto: Internet
Taipei, LiputanBMI - Dalam adat Cina pada bulan ketujuh dalam penanggalan lunar disebut Bulan Hantu atau yang dalam bahasa mandarin dinamakan Kue Yuè (鬼月), dalam bulan ini banyak sekali kegiatan yang tidak boleh dilakukan.

Menurut cerita dan kepercayaan dari generasi yang lebih tua, pada bulan tujuh pintu hantu dibuka, sehingga hantu berkeliaran keluar ke alam manusia. Anda tidak boleh berkeliaran keluar pada hari ini, terutama pada malam hari. Sedikitpun Anda melanggarnya maka Anda akan menderita sakit.

Tanggal 14 bulan Tujuh adalah hari yang paling penting dan terberat di bulan hantu. Legenda mengatakan bahwa konon pada tengah malam pada hari itu, ada tontonan arak-arakan dari ratusan hantu yang tinggal di alam liar. Ratusan hantu datang dari Jembatan Naihe, Ming Se memimpin mereka untuk menyalakan lentera merah besar, dan datang menuju alam yang telah lama mereka tinggalkan.

Pada hari ke 14 malam ke 15 masayarakat Cina akan menyelenggarakan ritual pemujaan atau sembahyangan yang disebut dengan perayaan Festival Hantu (Ghost Festival) atau dalam bahasa mandarin dinamakan Chong Yuan Jie (中元節), selain itu ada yang menyebutnya Yú Lán Pén Jie (盂蘭盆節).

Untuk tahun 2020 ini Hari ke 14 bulan tujuh tanggalan lunar Cina jatuh pada tanggal 2 September. Pada hari itu masyarakat Cina termasuk juga Taiwan akan masak-masak untuk sembahyangan.

Berikut sepuluh pantangan yang ditinggalkan oleh nenek moyang dan tidak boleh dilakukan pada bulan hantu selain menyelenggarakan acara pernikahan, pemakaman jenazah. Ada yang percaya juga ada yang tidak percaya demikian.

1. Jangan menjemur atau mengeringkan pakaian di malam hari. Saat itu hantu akan menganggap pakaian Anda terlihat bagus, warna merah adalah yang paling tabu.

2. Jangan cepat dengan mudah menoleh atau melihat ke belakang. Saat berjalan di alam liar (seram dan mencekam) atau di tempat yang jarang penduduknya, jika anda merasa seolah-olah ada seseorang yang memanggil anda, jangan melihat ke belakang dengan cepat, mungkin itu adalah suara hantu yang memanggil Anda.

3. Jangan menaruh atau menancapkan sumpit di tengah nasi. Cara ini akan sama halnya anda sedang memujanya, yaitu seperti menancapkan dupa di pedupaan, ini hanya akan mengundang hantu untuk datang berbagi makanan.

4. Jangan bicara omong kosong saat Anda melihat orang lain menyembah hantu dan dewa.

5. Jangan mengambil uang di pinggir atau di tengah jalan.

6. Jangan pergi ke tempat yang liar atau sepi mencekam.

7. Usahakan untuk tidak pergi ke tempat yang jarang penduduknya sendirian pada siang, sore atau petang, serta malam hari.

8. Jangan bepergian pada malam hari.
Orang dengan horoskop ringan tidak boleh bepergian di malam hari, bisa mendapat masalah.

9. Jangan membakar kertas Ming ( Ming Chê 冥紙) pada kesempatan yang tidak spesifik. Kertas Ming dibakar untuk hantu, sementara kertas emas (Cin Chê 金紙) dibakar untuk menyembah dewa. Membakar kertas Ming hanya akan menarik lebih banyak hantu untuk keluar.

10. Dilarang makan makanan yang disajikan untuk sembahyangan. Menurut kepercayaan, ini adalah makanan milik hantu, jika Anda memakannya tanpa persetujuan mereka, itu hanya akan mendatangkan nasib buruk yang sulit dipecahkan untuk diri anda sendiri.
(HNI/IYD, 19/08)
Universitas Terbuka Riyadh
-