Berita > Seputar TKI
Satu Pekerja Migran Ilegal Terciduk Saat Penggerebekan di Asean Square Taichung
14 Sep 2020 08:00:57 WIB | Hani Tw | dibaca 353
Ket: Satu Pekerja Migran Ilegal Terciduk Saat Pemeriksaan mendadak di Asean Square Taichung
Foto: United Daily News
Taichung, LiputanBMI - Kepolisian sektor satu Kota Taichung melakukan pemeriksaan mendadak di Asean Square dan mengamankan enam orang Pekerja migran yang tidak membawa dokumen, satu diantaranya adalah pekerja migran asal Vietnam yang berstatus ilegal.

Pemeriksaan mendadak di Asean Square dilakukan oleh polsek satu Taichung setiap akhir pekan. Dikarenakan pada saat itu para pekerja migran melewati hari libur mereka dengan berkumpul-kumpul, belanja maupun ke tempat hiburan di area tersebut.

Sebagaimana dilansir United Daily News (13/9), pemeriksaan secara mendadak yang dilakukan mulai pukul 00.00 tengah malam hingga pukul 04.00 dini hari tersebut, sebanyak 1000 orang Pekerja migran diperiksa identitasnya. Ada enam orang yang tidak membawa dokumen, satu diantaranya berstatus ilegal.

Menurut petugas kepolisian,
selain untuk menjaga ketertiban sosial dan ketenangan di area tersebut, pada jam-jam tersebut rawan terjadinya perkelahian antar pekerja migran pada musim liburan. Terlebih lagi Hari Minggu ini adalah minggu pertama dimana pekerja migran menerima gaji.

Kepala sektor satu kepolisian Taichung Sun Tai-Kang mengatakan, sebelum pemeriksaan mendadak dilakukan, mereka sudah mempersiapkan dan mempertimbangkan secara khusus dalam penyusunan taktik serta pengerahan tim polisi karena bangunan Asean Square yang besar dan rumit.

Di sisi lain, untuk perkelahian di jalanan, selain segera mengaktifkan pasukan khusus untuk menekan mereka dengan kekuatan polisi yang superior, mereka pasti akan mendeteksi pelaku dalam waktu sesingkat mungkin. Selain itu akan mengajukan banding kepada pelanggar hukum, lanjut Sun Tai-Kang.

"Untuk itu, jangan coba-coba dengan hukum dan merasa hanya secara kebetulan, polisi pasti akan menanganinya dengan tegas. Semua dilakukan untuk melindungi kehidupan masyarakat dan membangun lingkungan hidup yang aman dan nyaman di Kota Taichung, "jelasnya.

Asean square atau Dong Shoe Guang Chang (東協廣場) yang terletak di Pusat kota Taichung menjadi tempat favorit para pekerja migran dari lima kabupaten dan kota di kawasan tengah Taiwan untuk datang bersantai, berkumpul atau berbelanja pada waktu liburan.
(HNI/IYD, 14/09)
Universitas Terbuka Riyadh
-