Berita > Seputar TKI
Inilah Calon Negara Pengirim Pekerja Migran Jika Taiwan Stop Rekrut PMI
04 Dec 2020 04:22:24 WIB | Hani Tw | dibaca 3609
Ket: Taiwan bahas Calon Negara Pengirim Pekerja Migran Jika Stop Rekrut PMI
Foto: Internet
Taipei, LiputanBMI - Menteri tenaga kerja (menaker) Taiwan Shu Ming-chun mengatakan, pihaknya melalui kementerian Luar negeri telah mengadakan pertemuan dengan negara-negara calon pengirim pekerja migran.

Menurut menaker pertemuan sudah diadakan dua kali pada bulan lalu, salah satu rencananya yaitu akan membentuk kelompok kerja.

Kemudian, lanjut menaker, diharapkan tahun depan nota kerja sama (MU) ditandatangani dan paling cepat tahun berikutnya (tahun 2022) sudah bisa merekrut pekerja migran.

Adapun mengenai negara mana saja yang akan menjadi calon pengirim pekerja migran, menaker belum bisa menjelaskannya sekarang karena ini masalah diplomatik.

Sebagaimana dilansir United Daily News (3/12), menurut spekulasi para agensi, kemungkinan besar adalah Myanmar. Agensi mengatakan bahwa Myanmar selalu memiliki keinginan yang tinggi untuk membuka pengiriman pekerja migran, namun hal itu masih dibatasi oleh pertimbangan diplomatik Taiwan.

Sementara itu, terkait kebijakan zero cost untuk PMI akan diterapkan kurang dari satu bulan lagi, hal itu telah menyebabkan kecaman banyak majikan di Taiwan.

Menanggapi hal Itu, Shu Ming-chun mengatakan pemerintah Indonesia telah menanggapinya kemarin dan bersedia untuk bernegosiasi.

Diharapkan, pertemuan bilateral akan diadakan pada pertengahan Desember ini, dan kemungkinan ada kesempatan untuk berbalik.
(HNI/, 04/12)
Universitas Terbuka Riyadh
-