Berita > Seputar TKI
Hilang Kontak 50 Hari, Begini Nasib Kapten Kapal Dan 9 ABK Indonesia
20 Feb 2021 06:38:37 WIB | Hani Tw | dibaca 1208
Ket: Hilang Kontak 50 Hari, Begini Nasib Kapten Kapal Dan 9 ABK Indonesia
Foto: Internet
Taipei, LiputanBMI - Kapal Ikan Yong Yu-xing no.18 yang dikabarkan hilang kontak selama 50 hari telah ditemukan dalam keadaan kosong tanpa awak kapal.

Badan Patroli Laut Taiwan melaporkan bahwa operasi pengurasan air telah berakhir pada tanggal 18 Februari pukul 14:00 waktu setempat, namun dalam kabin kosong, ke 10 awak kapal tidak diketahui nasibnya.

Ke 10 awak kapal yang berada dalam kapal ikan tersebut yaitu 9 anak buah Kapal (ABK) asal Indonesia dan satu kapten kapal orang Taiwan.

Menurut keterangan patroli laut, tanggal 19 Februari kapal Yong yu-ning yang posisinya sekitar 1.700 mil dari Taiwan tersebut ditarik oleh kapal ikan Yirong no.3 untuk kembali ke Taiwan.

Diperkirakan akan tiba di Pelabuhan Perikanan Nanfang-ao, Yi-lan dalam 2 minggu ke depan.

Sebagaimana diketahui kapal ikan berbendera Taiwan Yong yu-ning 18 berangkat sejak bulan September 2019 dan diperkirakan sebelum Hari Raya Imlek sudah kembali.

Namun pada tanggal 30 Desember keluarga dari kapten kapal melaporkan kalau kapal tersebut hilang kontak ketika berada di perairan Samudra Pasifik.

Pemerintah Taiwan segera meminta bantuan Amerika untuk melacaknya. Pada saat itu karena cuaca ekstrim dan gelombang laut yang besar, tim dari Amerika tidak berani mendekati kapal. Namun tidak ditemukan adanya tanda-tanda kehidupan di kapal.

Kemudian Pemerintah Taiwan meminta kapal ikan lainnya yang posisinya dekat dengan lokasi hilang kontak untuk membantunya namun mereka tidak mendengar adanya suara manusia ketika mereka memanggilnya.

Selain Itu, Taiwan juga mengirimkan kapal patroli laut untuk melacak dan memastikan keberadaan awak kapal. Mereka juga tidak menemukannya, hingga akhirnya dilakukan pengurasan air namun tetap tidak diketahui di mana posisi dan nasib ke 10 awak kapal.
(HNI/, 20/02)
Universitas Terbuka Riyadh
-