Berita > Seputar TKI
Kabar Gembira, Pekerja Informal di Taiwan Akan Dimasukkan dalam Asuransi Kecelakaan Kerja
15 Apr 2021 22:15:49 WIB | Hani Tw | dibaca 791
Ket: Pekerja Informal di Taiwan Akan Dimasukkan dalam Asuransi Kecelakaan Kerja
Foto: Internet
Taipei, LiputanBMI - Komite kesejahteraan sosial Legislatif Yuan Taiwan menyetujui dimasukkannya pekerja pembantu rumah tangga, pekerja perawat pasien termasuk pekerja migran dalam asuransi kecelakaan kerja (astek).

Hal tersebut disampaikan ketika pertama kalinya meninjau Undang-Undang perlindungan dan asuransi kecelakaan kerja pada 14 April kemarin.

Apabila benar-benar disetujui, ada sekitar 250.000 orang pekerja migran informal di Taiwan akan merasakan manfaat dari asuransi kecelakaan kerja (astek) tersebut.

Mengingat sebagian dari majikan yang merekrut pekerja migran kehidupan keluarganya kurang mampu, semula kemenaker berencana supaya majikan mengasuransikan pekerjanya secara sukarela bukan asuransi wajib.

Akan tetapi, ketua legislatif dan anggota lainnya mendukung serta menganjurkan untuk dimasukkan ke dalam asuransi wajib.

Dengan kata lain, di masa yang akan datang sekitar 25 keluarga majikan harus memasukkan (mengikutsertakan) pekerjanya ke dalam asuransi kecelakaan kerja.

Dilansir United Daily News (14/1) legislator dan oposisi lainnya punya kesepakatan sebelum Hari Buruh pada 1 Mei mendatang rancangan UU perlindungan dan asuransi kecelakaan sudah diloloskan.
(HNI/, 15/04)
Universitas Terbuka Riyadh
-