Berita > Seputar TKI
Pemerintah Indonesia Segera Buka Pengiriman PMI ke Taiwan, Berikut Syaratnya
12 May 2021 10:50:20 WIB | Iyad Wirayuda | dibaca 412
Ket: Pemerintah Indonesia Segera Buka Pengiriman PMI ke Taiwan, Berikut Syaratnya
Foto: Internet
Jakarta, LiputanBMI - Menteri Ketenagakerjaan Indonesia, Ida Fauziyah mengatakan Kementeriannya telah menerima surat Ministry of Labour atau MoL Taiwan tentang rencana penempatan PMI ke negara tersebut.

“Apabila kondisi yang dipersyaratkan Taiwan telah terpenuhi, Kemnaker akan segera menginformasikan kepada Otoritas Taiwan sebagai dasar untuk membuka kembali penempatan PMI ke Taiwan,” ujar Ida Fauziyah dalam keterangan tertulis, Selasa, 11 Mei 2021.

Dilansir Bisnis Tempo (11/5), Ida menjelaskan, kebijakan pengiriman PMI akan dibuka saat Indonesia bisa menekan angka penularan virus corona di bawah 5.000 orang per hari selama sepekan berturut-turut.

Selain itu, untuk dapat menempatkan kembali PMI ke Taiwan, Pemerintah Indonesia telah melakukan langkah-langkah pembaharuan standar operasional prosedur atau SOP di masa kenormalan baru. SOP ini memuat penerapan protokol kesehatan secara ketat sebelum calon PMI berangkat ke luar negeri.

Ida meminta pihak-pihak terkait, seperti jajaran Kemnaker, P3MI, dan asosiasi P3MI mempersiapkan diri sesuai dengan SOP yang berlaku. Dan akan menindak tegas P3MI apabila tidak menjalankan penempatan sebagaimana diatur dalam SOP tersebut, termasuk BLKLN yang tidak disiplin dan tidak mentaati SOP pada saat melatih para pencari kerja yang akan bekerja ke luar negeri.

Sebagaimana diketahui, pada bulan Desember 2020 Taiwan untuk sementara menutup pengiriman PMI ke negara tersebut karena banyak sekali klaster baru terkonfirmasi Covid-19 dari PMI.

Dan pada pertengahan Maret lalu kemenaker Taiwan mengusulkan ke CECC untuk mencabut larangan pengiriman PMI. Pada prinsipnya CECC menyetujui, dengan syarat kasus baru terkonfirmasi Covid-19 di Indonesia rata-rata di bawah 5000 orang maka pembukaan pengiriman kembali PMI akan dibahas.
(IYD/, 12/05)
Universitas Terbuka Riyadh
-